JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Warga Dusun Cibubut Desa Jayamekar Kecamatan Cibugel mengeluhkan kondisi ruas jalan Cibubut-Cisoka Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan, yang sudah lama rusak. Padahal jalan tersebut merupakan akses tercepat warga menuju ke wilayah Sumedang kota.

“Bukan hanya warga kami saja, warga desa lain juga sebetulnya lebih senang lewat Cisoka kalau mau ke kota. Tapi karena sekarang kondisinya rusak berat warga memilih lewat Darmaraja,” kata salah seorang warga Cibubut, Agus Salim, belum lama ini.

Dikatakan, warga memilih tidak lewat jalur Cibubut-Cisoka karen kondisi jalannya yang rusak berat. Aspal jalan sudah banyak yang terkelupas, dan juga banyak jalan berlubang.

“Apalagi di Cisoka, jalannya tinggal bebatuan besar saja, kendaraan bakal cepat rusak kalau lewat situ. Makannya kami pilih lewat Darmaraja, biarpun harus memutar jauh,” tuturnya.

Agus menuturkan, dulu saat kondisi jalan bagus, warga Jayamekar yang sebagian besar berprofesi sebagai petani sayuran, memilih menjual hasil buminya ke wilayah Sumedang kota. Namun sejak jalan rusak dan tak kunjung diperbaiki, warga memilih menjual sayurannya, seperti tomat, cabai, dan kol, ke wilayah Limbangan, Garut. Meskipun jaraknya lebih jauh, namun kondisi jalannya bagus.

“Mungkin karena dianggapnya Cibubut ini daerah terpencil, jadi akses juga seperti diabaikan,” ujarnya.

Tokoh masyarakat lainnya, Jaja Miharja membenarkan jalan Cibubut-Cisoka sudah lama tidak diperbaiki. Panjang jalan yang rusak, kata Jaja, sekitar 10 kilometer.

“Seingat saya terakhir tahun 2000 ke bawah. Dulu banyak truk pengangkut teh. Mungkin rusak karena banyak truk lewat, ditambah lagi tidak adanya pemeliharaan,” tuturnya.

Lebih jauh, Jaja mengungkapkan, dirinya mendapat informasi bahwa jalan Cibubut-Cisoka akan diperbaiki pada tahun 2022. Warga pun berharap perbaikan jalan segera terealisasi agar mobilitas warga lancar. Apalagi, saat ini terdapat objek wisata Balong Geulis di Jayamekar.

“Banyak juga pengunjung yang mengeluhkan buruknya akses jalan, jadi kami berharap segera diperbaiki jalannya. Kalau ditunjang akses yang bagus warga pasti pasti menjual sayurannya ke Sumedang, dan semakin banyak yang datang ke tempat wisata,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here