JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Jatigede akhirnya memiliki kantor, setelah diresmikan langsung oleh Ketua BAZNas Kabupaten Sumedang, Ayi Subhan Hafas, Rabu (13/10/2021). Kantor UPZ Jatigede ini berlokasi di Desa Cijeungjing.

“Semoga dengan diresmikannya Kantor UPZ Kecamatan ini dapat menambah kepercayaan para muzaki, sehingga pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) bisa naik signifikan. Jika demikian, manfaat zakat akan lebih merata, khususnya di wilayah Jatigede,” kata Ayi.

Disebutkan, adanya kantor yang representatif akan mendukung tugas UPZ dalam mengelola ZIS. Pelayanan terhadap masyarakat, kata Ayi, juga harus ditingkatkan.

“Pengurus UPZ juga harus tertib administrasi dalam pengelolaan ZIS,” tuturnya.

Tak sampai disitu, Ayi berpesan agar pengurus mulai mengikuti perkembangan digital, dengan menyediakan data-data informasi secara digital, supaya memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi khususnya mengenai data zakat, infaq dan sedekah.

“Dalam pengelolaan zakat, infaq dan sedekah harus transparan, amanah dan akuntabel supaya dapat meningkatkan kepercayaan para muzaki,” kata Ayi.

Lebih jauh, Ayi juga mendorong para pengurus UPZ meningkatkan sinergitas dengan unsur pemerintah kecamatan dan para ulama untuk mendorong peningkatan pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah.

Peresmian juga dihadiri Camat Jatigede, muzaki tetap, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Selain meresmikan Kantor UPZ Kecamatan, dalam kesempatan itu juga Ayi juga menyerahkan bantuan perbaikan rutilahu, sarana prasarana keagamaan, serta pembangunan dan rehab. Total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 25,5 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here