JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021, bakal digelar pada 27 Oktober 2021 mendatang.

Dengan catatan, Sumedang setidaknya masih berada di Level 3 penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

Seperti disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada DPMD Sumedang, Dadang Rustandi, disela menghadiri pengundian nomor urut calon kepala Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (11/10/2021) kemarin.

“Tanggal 27 Oktober bisa terlaksana (pemungutan suara pilkades), kalau Sumedang tetap di Level 3 (PPKM). Jadi kalau kembali ke Level 4, tidak akan terlaksana,” katanya.

Dadang menuturkan, Kementerian Dalam Negeri RI, telah menyampaikan surat kepada daerah-daerah yang menggelar Pilkades Serentak, agar dalam pelaksanaannya mengutamakan protokol kesehatan.

“Kami sudah mengeluarkan Perbup Nomor 131 Tahun 2020, tentang Perubahan Ketiga Perbup Nomor 74. Dalam perbup tersebut, diatur secara rinci tahapan yang diatur secara ketat terkait prokes,” jelas Dadang.

Atas dasar itu. pihaknya meminta dukungan dari masyarakat, untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pilkades Serentak 2021.

“Tanggal 27 bisa sukses kalau masyarakat melaksanakan prokes dengan ketat dalam segala aktivitas,” tuturnya.

Seperti diketahui, di Kabupaten Sumedang terdapat 89 desa dari 26 kecamatan, akan menggelar Pilkades Serentak Tahun 2021.

Hingga kemarin, semua desa yang akan menggelar pilkades, sudah melakukan pengundian nomor urut bagi para calon kades di setiap desanya.

Dan setelah pengundian nomor urut, tahapan selanjutnya panitia akan menggelar rapat pleno untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here