JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG Komandan Kodim 0610/Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa, secara resmi membuka Program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2021, di Dusun Sindang Desa Tanjungwangi Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, Rabu (7/10/2021).

Dalam BSMSS tahun ini, Kodim 0610/Sumedang melakukan berbagai kegiatan pembangunan fisik. Diantara, peningkatan jalan sepanjang 500 meter dan lebar 2,5 meter, pengerjaan 2 unit beton plat sepanjang 5 meter, serta perbaikan loneng plat beton sepanjang 1,5 meter sebanyak 4 unit, dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) sebanyak 6 unit. Kemudian sasaran tambahan, rehab rumah tidak layak huni sebanyak 7 unit, dan pembuatan Pos Kamling.

“BSMSS ini merupakan salah satu perwujudan Dharma Bhakti TNI, dalam hal ini Kodam lll/Siliwangi, sebagai alat pertahanan negara bersama dengan instansi pemerintah lainnya dalam membantu program pembangunan di daerah,” katanya.

Program ini, lanjut Zaenal, sekaligus memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat di setiap wilayahnya masing-masing. Termasuk kemanunggalan prajurit TNI dan rakyat yang ada di Kabupaten Sumedang.

Dikatakannya, melalui program seperti BSMSS, KB Kesehatan Terpadu, dan Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), serta program lainnya yang selalu dilaksanakan di setiap wilayah, merupakan amanat Undang Undang.

“Dan ini benar benar sebagai wujud komitmen dan panggilan moral TNI, khususnya Kodim 0610/Sumedang dalam mendharma bhaktikan diri demi terwujudnya masyarakat yang aman, adil dan makmur. Serta upaya turut meringankan beban sosial rakyat, apalagi TNI teramat menyadari bahwa rakyatlah yang sejatinya ibu kandung TNI,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan program BSMSS ini harus melibatkan partisipasi dari semua lapisan masyarakat, yang mempunyai peranan penting dan sangat strategis dalam membangun wilayahnya.

Dengan demikian, Ia yakin akan tumbuh semangat kebersamaan gotong royong dan rasa kebersamaan yang tinggi dari semua komponen yang ada.

“Sehingga penyelenggaraan BSMSS ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta berhasil mencapai target yang telah ditentukan, tanpa mengabaikan protokol kesehatan karena wabah virus korona belum berakhir,” katanya.

Turut hadir dalam pembukaan itu Kapolres Sumedang, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Forkopimcam, serta masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here