JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Warga Dusun Cigumentong Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung kini bisa bernafas lega. Sebab, mereka kini bisa menikmati fasilitas jaringan listrik dari PLN.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir secara simbolis menyalakan listrik untuk warga dusun tersebut, Selasa (5/10/2021).

“Hari ini bisa menyalakan listrik di Dusun Cigumentong Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung. Ini merupakan salah satu dusun di Sumedang. Setelah 76 tahun Indonesia merdeka baru bisa menyala listriknya hari ini,” kata Dony.

Bupati mengatakan, Dusun Cigumentong sangat terpencil, berada diantara perbatasan tiga wilayah, yakni Sumedang, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Bandung. Letaknya di bawah kaki Gunung Kareumbi.

“Untuk mengaliri listrik disini PLN memasang 60 tiang melewati BKSDA, tapi alhamdulillah semua prosedur ditempuh, sekarang menyala listriknya,” ujarnya.

Dengan adanya fasilitas listrik PLN, kata Dony, maka akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, termasuk menggerakkan ekonomi, mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas.

“Inilah bagian dari pemerintah hadir untuk melayani masyarakat, tidak boleh seorangpun tertinggal mendapatkan haknya dari negara ini. Walaupun di daerah terpencil dan kami alhamdulillah bersyukur bisa menyalakan listrik di tempat ini,” tuturnya.

Bupati mengungkapkan, ada 16 KK dengan 69 jiwa penduduk di Cigumentong yang berada di ketinggian 1.200 mdpl.
“Cigumentong ini dihuni sejak tahun 1884, merupakan kawasan perkebunan dan hutan,” ucapnya.

Dikatakan, masuknya listrik ke wilayah itu, berkat kerjasama antara pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten. PLN Sumedang memasang 60 tiang listrik, listrik dipasok oleh PLN Garut, sementara pemeliharaannya oleh PLN Bandung. Pemasangan tiang dan jaringan listrik ini gratis dari CSR PLN.

“Mudah-mudahan dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat disini dan saya yakin masyarakatnya kompak akan terus memelihara jaringan yang ada disini,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here