JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melakukan peletakan batu pertama, pembangunan jalan poros Talun, Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (1/10/2021). Nantinya jalan tersebut akan menghubungkan RW 02 Linkungan Tegalsari dengan RW 05 Lingkungan Talun Kidul, yang sebelumnya terpisah saluran irigasi.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan, jalan poros yang dibangun sepanjang 400 meter. Dengan adanya jalan ini akan mempermudah akses orang dan barang, yang tentunya akan memantapkan perekonomian, pendidikan serta kesehatan.

“Karena infrastruktur yang bagus ini akan sangat bermanfaat bagi lancarnya pergerakan masyarakat,” kata Dony.

Sementara itu Lurah Talun, Riny Mulyati mengatakan, pembangunam jalan poros yang saat ini sedang dilaksanakan merupakan pembangunan tahap ke ketiga dari rencana 4 tahap.

Ia mengungkapkan, untuk tahap ketiga ini panjang jalan yang akan dibangun kurang lebih sepanjang 100 meter dengan lebar 2,5 meter. Pembangunan jalan ini dilakukan dengan rambat beton.

“Pembangunan jalan poros yang menghubungkan RW 02 dan RW 05 totalnya mencapai 500 meter, dalam pelaksanaannya pembangunan dibagi dalam 4 tahap,” katanya.

Diharapkan, dengan dibangunnya jalan ini akan lebih memudahkan akses bagi warga baik warga RW 02 dan 05 maupun warga Talun keseluruhan. Sebab nantinya jalan poros tersebut bisa dilalui kendaraan roda 2. Sebelumnya dua wilayah tersebut terpisah saluran irigasi.

“Jalan poros ini merupakan jalan baru, dibangun untuk lebih mempermudah akses warga dalam upaya lebih meningkatkan perekonomian warga yang pada gilirannya dapat pula meningkatkan pendapatan warga Talun,” ucapnya.

Dalam kunjungannya ke Talun, Bupati juga mengapresiasi kinerja para Ketua RT dan Ketua RW, yang berada di garis depan melayani masyarakat.

“Saya berharap para Ketua RT dan Ketua RW di Sumedang ini menjaga kegotongroyongan, keswadayaan dan partisipasi di masyarakat,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here