JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Sebagai upaya percepatan vaksinasi bagi lansia di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tenaga vaksinator melakukan jemput bola dengan melakukan vaksinasi secara door to door ke wilayah terisolir.

Seperti dilakukan bersama Jajaran Kodim 0610 Sumedang, dengan cara menyusuri jalan kampung dan gang-gang sempit di wilayah terisolir Desa Bangbayang, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang, Kamis (30/9/2021).

Dandim 0610 Sumedang, Letkol Inf. Zaenal Mustofa mengatakan, kegiatan vaksinasi dilakukan secara door to door mengingat ada beberapa daerah di wilayah Kabupaten Sumedang yang berada di daerah kategori 3T.

“Hari ini kita melaksanakan serbuan vaksin di daerah 3 T, terisolir, terpencil dan terluar. Tujuannya, karena masyarakat-masyarakat yang di daerah seperti ini, yang belum terjamah oleh vaksin. Walaupun ada, sangat minim sekali,” katanya.

Zaenal menyebutkan, vaksinasi secara door to door, dilakukan dalam upaya percepatan laju vaksinasi terutama di kalangan lansia. Sementara selain secara door to door vaksinasi juga dilakukan secara terpusat.

“Banyak lansia-lansia yang belum divaksin. Karena kalau menjangkau ke serbuan vaksin yang central, tentu mereka akan kesusahan. Dan ini salah satu langkah dari kami untuk mengakselerasi persentase vaksinasi,” ujarnya.

Dalam serbuan vaksin yang digelar TNI, masyarakat di daerah terpencil tampak antusias mengikuti vaksinasi.

Seperti seorang lansia Hatimah, yang mengaku senang karena dirinya tidak perlu meniggalkan rumah untuk divaksin.

“Senang divaksin di rumah sendiri, sebab tidak bisa jalan jauh, masih sakit ini lututnya,” ujar Hatimah.

Sementara itu salah seorang remaja penerima vaksin, Reny juga mengaku senang karena dirinya sudah menuntaskan vaksinasi hingga tahap kedua. Walaupun, dia harus menunggu hingga beberapa hari untuk vaksinasi tahap kedua kali ini.

“Vaksin kedua baru hari ini, telat juga, tapi engga apa-apa seneng juga,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here