JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Tiga Menteri Republik Indonesia, turun langsung meninjau progres pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kamis (30/9/2021).

Ketiganya, merupakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Para menteri meninjau secara langsung pembangunan Tol Cisumdawu Interchange Cileunyi, di Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, pembangunan ruas Tol Cisumdawu, merupakan legend proyek yang mangkrak cukup lama setelah di mulai pada 2011 lalu. Pihak kementerian berharap, akses bebas hambatan ini dapat selesai pada akhir tahun ini.

“Kira-kira kita harapkan nanti Desember tanggal dua puluhan ini sudah tembus,” kata Luhut.

Dikatakan Luhut, pihaknya menargetkan ruas Tol Cisumdawu dapat tersambung hingga Kertajati di akhir Bulan Desember 2021. Sementara untuk penyempurnaan proyek, ditargetkan selesai di bulan April Tahun 2022.

“Saya kira pekerjaan hebat dari temen-temen PUPR. Hanya sedikit-sedikit lagi, tinggal beberapa ratus meter, lebaran (tahun depan) pasti bisa,” ujar Luhut.

Sementara itu, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir saat mendampingi kunjungan ketiga menteri mengatakan, ruas Tol Cisumdawu melintasi wilayah Kabupaten Sumedang yang mencapai 62 kilometer, dengan 6 pintu exit.

“Dengan jalan tol selesai, bisa mempercepat aksesibilitas datang ke Sumedang. Sehingga kita nanti siapkan wisatanya yang baik. Orang bisa datang berwisata dengan mudah,” ucapnya.

Dony mengampaikan, ruas Tol Cisumdawu dari Cileunyi dan Cimalaka, ditargetkan dapat dioperasikan di akhir Desember Tahun 2021. Kemudian menuju Ujungjaya hingga Kertajati Majalengka, dapat beroperasi sebelum Lebaran Tahun 2022.

“Jadi ada dua kali pembukaan Tol. Pertama tadi telah disepakati, Insya Allah doakan lancar enggak ada kejadian apapun. Dijauhkan dari bencana, di Desember bisa beroperasi,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here