JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Puluhan Anggota Polisi Militer (PM) Angkatan Darat dan Angkatan Udara serta Polri, menggelar operasi gabungan Penegakan Tata Tertib (Gaktib) di wilayah Kabupaten Majalengka Jawa Barat, Senin (27/9/2021).

Dalam Operasi Gaktib, petugas melakukan pemeriksaan kelengkapan. Mulai dari identitas, pass ring, kelengkapan surat kendaraan serta merazia kendaraan sipil yang menggunakan atribut TNI dan Polri. Termasuk, kendaraan penggunaan rotator dan lampu strobo.

Komandan Sub Denpom Majalengka, Kapten CPM Casrudi disela memimpin operasi mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI ke-76. Dengan sasaran, anggota serta warga sipil, dalam upaya meminimalisir pelanggaran TNI dan menekan angka kecelakaan lalulintas.

“Kita menertibkan untuk meminimalisir penyalahgunaan seperti pemakaian rotator dan strobo, karena tidak diperbolehkan untuk warga sipil,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, sejumlah pelanggar langsung diberi sanksi berupa tilang dan peringatan. Sementara yang menggunakan atribut TNI/Polri di kendaraan, harus melepasnya sendiri.

“Untuk sementara, sejumlah pelanggaran yang ditemukan adalah penggunaan stiker TNI/Polri kita suruh cabut sendiri,” ujarnya.

Disebutkan Kapten Carsuadi, operasi gaktib yang digelar, menjadi tolak ukur atau barometer. Serta, bahan evaluasi kedisiplinan dan ketertiban personil TNI dan warga sipil, dalam penggunaan atribut TNI Polri.

“Ini juga menjadi bahan evaluasi dan monitoring kedisiplinan personil TNI,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here