JURNALSUMA.COM.COM., SUMEDANG – Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI (Kemenkop UKM), Hanung Harimba Rachman, meninjau Gerai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (25/9/2021).

Kunjungan kerja ini, sebagai kunjungan balasan yang dilakukan wakil bupati Sumedang ke Kementerian Koperasi dan UKM RI, beberapa waktu lalu.

Setelah melihat gerai UMKM Sumedang, Hanung menilai sudah cukup baik. Namun, Pemkab Sumedang masih perlu menggali lagi potensi UMKM lainnya yang ada di Sumedang, untuk dikembangkan.

“Mungkin yang non food, yang perlu kita sama-sama dorong lagi. Tadi sudah ada kaos kaki, dan mungkin produk fashion yang lainnya bisa kita kembangkan,” katanya.

Dengan adanya kerja sama bersama Kabupaten Sumedang, Hanung siap membantu dalam pemasaran serta pengemasan produk agar lebih menarik lagi. Secara bertahap dan seiring pengembangan di daerah, akan memberi ruang yang cukup, agar UMKM semakin tumbuh.

“Saya pikir, Sumedang ini potensinya luar biasa, letaknya juga strategis. Jadi UMKM di sini bisa dikembangkan. Ditambah lagi dengan banyaknya perguruan tinggi, sehingga bisa dikembangkan menjadi UMKM-UMKM inovatif,” tutur Hanung.

Adanya kunjungan kerja Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI, disambut baik bupati Sumedang beserta jajarannya. Apalagi kunjungan ini untuk mendorong UMKM Sumedang. Mulai dari pemasaran produk UMKM serta kebutuhan sebagai penunjang produksi UMKM hasil karya para perajin di Sumedang.

“Potensi apa saja yang ada di Sumedang, kemudian akan membantu untuk pengembangannya (UMKM). Termasuk untuk kelembagaannya, rumah kemasannya, peralatan atau mesinnya, dan juga akses ke pasarnya. Alhamdulillah, nantinya ini akan dipilah, mana saja produk yang bisa dipasarkan ke luar Sumedang, bahkan ke luar negeri,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here