JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Sejumlah bantuan, diberikan kepada kelompok tani (poktan) yang ada di Kabupaten Sumedang selama Tahun 2021.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang, Amim mengatakan, bantuan yang diberikan bersumber dari pemerintah pusat, provinsi, hingga daerah.

“Hingga September ini bantuan yang sudah terealisasi adalah Jalan Usaha Tani (JUT) total sepanjang 260 meter di wilayah Kecamatan Cisitu, Tanjungmedar, Wado. Kemudian pembangunan jaringan irigasi tresier sepanjang 3.271 meter di wilayah Kecamatan Rancakalong, Pamulihan, Cisitu, Cimalaka, Paseh, Buahdua, Tanjungmedar, Darmaraja, Ganeas, Sumedang Selatan, dan Jatinunggal,” katanya, Sabtu (25/9/2021).

Kemudian, lanjut Amim, ada juga bantuan pengadaan peralatan mesin pertanian (alsintan) berupa pompa dan cultivator sebanyak 67 unit untuk poktan di wilayah Surian, Ujungjaya, Tanjungsari, Sumedang Selatan, Situraja, Situraja, Darmaraja, dan Jatinangor.

“1 unit green house tanaman hias di Tanjungsari, dan 1 unit green house sayuran di Pamulihan. Serta 3 unit RMU (rice milling unit) / mesin penggiling padi modern untuk petani di Rancakalong, Jatinunggal, dan Ujungjaya,” ucapnya.

Jenis bantuan lainnya, lanjut Amim, yakni 1 rumah pengelohan higienis hortikultura beserta alat kelengkapannya di Tomo. Lalu, sebanyak 12.400 bibit pohon jeruk, mangga, alpukat, dan pepaya california, untuk 24 kelompok tani di Cimanggung, Surian, Sumedang Selatan, Rancakalong.

“555.180 kilogram bantuan benih cabai, padi, jagung, kedelai, kacang tanah dan kacang hijau untuk 1.217 kelompok. Serta 55.397 ton pupuk urea, dan 312.225 kilogram pupuk organik,” tuturnya. 

Amim mengatakan, dengan adanya bantuan-bantuan itu diharapkan bisa menggenjot produktifitas pertanian di wilayah Sumedang. 

“Kami berharap para petani bisa memanfaatkan dengan baik bantuan yang sudah diterima, untuk mendukung pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Sehingga hasil produksi pertanian di Sumedang semakin meningkat,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here