JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Festival Adat Keraton Nusantara (FAKN) 2021, yang akan digelar di Keraton Sumedang Larang pada 28 hingga 30 September mendatang, rencananya akan dihadiri 54 raja serta permaesuri kerajaan nusantara.

Ketua Pelaksana FAKN 2021, Rd. Lily Djamhur Soemawilaga mengatakan, ditunjuknya Keraton Sumedang Larang sebagai tuan rumah FAKN 2021, menjadi momen yang penting untuk memunculkan atau mengangkat potensi sejarah dan budaya di Kabupaten Sumedang.

“Kami memohon doa dari seluruh masyarakat dan pihak-pihak terkait, agar pelaksanaan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Lily, Sabtu (25/9/2021).

Dikatakan, dalam kegiatan FAKN kali ini, ada perbedaan dengan kegiatan sebelumnya. Biasanya, setiap kerajaan membawa kontingennya masing-masing. Namun kali ini, hanya dihadiri raja, sultan dan permaesurinya saja.

“Memang ini merupakan tantangan bagi panitia dengan diadakannya kegiatan di tengah situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan nanti, kata Lily, pihaknya akan menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dengan tidak mengurangi dari inti kegiatannya.

“Banyak kegiatan-kegiatan yang kami pangkas berkaitan dengan situasi pandemi, apalagi di Sumedang itu PPKM masih didalam level 3,” katanya.

Lily menambahkan, terkait situasi saat ini, pihaknya hingga kini masih menunggu izin, baik dari Kepolisian maupun satgas Gugus Tugas Covid-19 yang masih dalam proses.

“Kami tetap menunggu hasil keputusan akhir, Insya Allah H-2 izin itu sudah bisa turun,” tambahnya.

Seperti diketahui, Festival Adat Keraton Nusantara, merupakan agenda tahunan yang diikuti seluruh kerajaan atau keraton di Indonesia, dengan menampilkan pameran seni dan budaya dari kerajaan-kerajaan yang ikut berpartisipasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here