JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Siapa yang tidak suka dan kenal dengan namanya olah raga, baik itu ekstrim ataupun umum yang biasa warga masyarakat lakukan. Olah raga dari jenisnya sangat bermacam macam ragamnya, baik dengan melibatkan perlatan ataupun tanpa peralatan sekalipun.

Seperti yang digeluti Iqbal, atau nama lengkapnya Muhammad Iqbal Jaelani Al Qusyaeri, terlahir sebagai anak pertama dengan dua adik dari pasangan Agus Erdina dan Elis Paniawati. Ini ternyata seorang atlet anggar dari kabupaten Sumedang yang syarat dengan prestasi. Iqbal yang merupakan mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) jurusan kependidikan Olahraga, ternyata terdaftar sebagai atlet Anggar dari Kontingen Kabupaten Sumedang di ajang Porda XIII Jabar 2018 lalu.

Sebenarnya, anggar merupakan bentuk ilmu bela diri dengan menggunakan pedang yang kemudian berkembang menjadi seni budaya olahraga. Awalnya Anggar merupakan cabang olahraga di sekolah-sekolah Eropa. Seiring berkembangnya jaman, Anggar mulai menjadi olahraga resmi dalam Olimpiade.

Dalam sebutnya tersebut Iqbal berhasil memperoleh medali emas di ajang Porda yang digelar di kabupaten Bogor pada 2018 lalu. Medali emas diperoleh Iqbal di cabor anggar nomor sabel peorangan putra. Dalam pertandingan tersebut Iqbal berhasil mengalahkan lawannya di partai final dan medali emas disandangnya.

Selain medali emas yang dia peroleh dan mengharumkan nama kabupaten Sumedang di ajang PORDA 2018 lalu. Iqbal juga menjadi langganan dalam peraihan prestasi di beberapa lomba sebelumnya, diantaranya, pada PON 2014 dia memperoleh medali perunggu.

Kejurnas sabel kadet putra 2015 Iqbal memperoleh medali emas, Kejurda Jabar Sabel Junior Putra 2016 medali emas,Kejurnas Sabel Junior Putra 2017 medali perak,SEAFF Championship Sabel Putra 2017 Malaysia medal perak dan perunggu dikelas perorangan dan beregu. PORDA Jabar Sabel Putra 2018 medali emas dan Pra PON Beregu Sabel Putra 2019 Semarang medali perunggu, dan di POMNAS 2019 medali perak.

Selain syarat dengan prestasi Iqbal tidak jumawa dengan yang diraihnya saat ini, bahkan sekarang Ia disibukan dengan persiapannya menghadapi PON tahun ini yang akan digelar di Papua, namun beredar kabar belum bisa dilaksanakan yang tahun sekarang 2020, kemungkinan akan terlaksana pada tahun depan 2021.

Segala macam persiapan telah ia lakukan demi meraih prestasi dan mengharumkan Jawa Barat khusunya Sumedang. Harapan Iqbal di ajang PON tersebut patut diacungi jempol, dengan semangat dan keyakinannya berbekal pengalaman dibeberapa laga yang pernah Ia ikuti, Iqbal berhasrat meraih medali emas di ajang PON tersebut.

Sementara itu selain dukungan warga masyarakat Jawa Barat Sumedang khususnya, dukungan dari orangtua nyah yang menguatkan dan meyakinkan Iqbal kemabli bisa meraih emas di ajang PON tersebut, karena menurutnya, dukungan orangtua nyalah yang bisa membuatnya bisa berhasil dalam perjuanagannya memperoleh medali emas yang sangat Ia cita-citakan.

Sungguh berat sebenarnya dalam perjuangan memperoleh prestasi yang diidamkan oleh seorang atlet olahraga seperti Iqbal dan atlet atlet lainnya. Namun dengan modal pengalaman dan keyakinan serta dukungan dari orang orang tercintanya juga dengan latihan yang teratur, semua bisa saja tercapai dengan hasil yang memuaskan.

“Semoga di laga PON nanti,saya dapat memperoleh medali emas,dan saya harap bisa menyumbangkan 2 emas,baik itu perorangan maupyn beregu,” ucapnya dengan yakin dan semangat. Semoga saja semua bisa tercapai dan kembali mengukir prestasi.

Semoga pihak pemerintah kabupaten Sumedang khususnya, bisa memberikan perhatian khusus bagi para atlet berprestasi seperti Iqbal dan lainnya. Karena perjuangan mereka dalam bertanding, selain mengharumkan nama kelaurga juga membawa nama tempat kelahirannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here