JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Upaya Bank Indonesia (BI) dalam mendorong kemajuan ekonomi, terus dilakukan. Diantaranya, melalui penguatan akselerasi berbagai bauran kebijakan di tingkat nasional ke tingkat regional, dalam kerangka koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah.

Sebagaimana yang dilakukan Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jawa Barat (KPw BI Jabar), dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD), Rabu (22/9/2021). Kegiatan ini dilakukan, sebagai langkah awal dalam meningkatkan stabilitas ekonomi regional. Serta memperkuat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi daerah.

FGD yang digelar di Gedung IPP Sumedang, memiliki sasaran-sasaran yang sudah ditargetkan sebelumnya. Meliputi profil terkini perkembangan ekonomi daerah, memetakan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi Kabupaten Sumedang dalam menjaga stabilitas perekonomian. Termasuk, upaya-upaya lain dalam mempercepat perkembangan maupun inklusivitas pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumedang.

Selain itu, koordinasi dan kolaborasi dalam hal perluasan dan percepatan digitalisasi daerah secara menyeluruh, evaluasi dan koordinasi pengendalian tingkat inflasi daerah Kabupaten Sumedang.

Seperti dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman. Saat ini, Kabupaten Sumedang tengah fokus pada pembenahan bidang ekonomi daerah.

“Kebetulan kita kerjasama dengan pihak BI yang siap membantu dalam bentuk digitalisasi di setiap daerah di Sumedang, agar adanya pemerataan pertumbuhan ekonomi di tiap-tiap desa se-Kabupaten Sumedang khususnya,” katanya.

Menurut Herman, maksud diselenggarakannya FGD Pra Hight Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), untuk mengkoordinasikan strategi dan kebijakan perluasan serta percepatan digitalisasi daerah. Termasuk, pengendalian tingkat inflasi di Kabupaten Sumedang.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk Cabang Sumedang, tentang Transformasi Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

Selain itu, dilakukan juga kunjungan ke Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, terkait dengan penggunaan aplikasi e-Office, SAKIP Desa, dan virtual tour.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here