JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Bersama Puskesmas Kecamatan Argapura beserta Kepala Desa Mekarwangi mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) stop buang air besar sembarangan, yang bertempat di Desa Mekarwangi, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (15/02/2021).

Dengan ini Pemerintahan Kabupaten Majalengka melalui Kecamatan Argapura mengajak semua masyarakat untuk menghentikan buang air besar sembarangan. Agar masyarakat Majalengka terutama di Argapura dapat hidup bersih dan sehat.

Kepala UPT Puskesmas Agrapaura, Dede R Munaroh mengatakan, setiap Desa di Argapura di tahun 2021 ini tidak buang air besar sembarangan, dengan kata lain masyarakat jika buang air besar sudah tidak lagi ke “kakus helikoper”.

“Kakus helikopter” istilah orang sini, saya mengapresiasi kepada Pemerintahan Desa Mekarwangi atas program Open Defecation Free. Rata-rata penduduk di sini memiliki kolam ikan jadi asumsi mereka dengan buang air di WC Helikoper sama saja memberi makan ikan,” kata Dede R Munaroh.

Sementara itu Kepala Desa Mekarwangi, H Nasrullah menuturkan, setiap rumah di wilayah Desa Mekarwangi diharapakan memiliki Mandi Cuci Kakus (MCK) di dalam rumah. Dengan sosialisasi seperti ini semoga warga sadar tentang pentingnya hidup bersih.

“Untuk sekarang ini ada lima WC/jamban Helikopter di Desa Mekarwangi, insya Allah untuk kedepannya tidak ada lagi warga yang buang air besar di WC helikopter,” kata Nasruloh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here