JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Sepi tak berpenghuni, demikian kondisi sebuah perkampungan di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka Kulon, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (3/2/2021).

Kampung ini bernama Kampung Tarikolot, Desa Sidamukti, konidis kampung tak berpenghuni sejak terjadinya pergerakan tanah di tahun 2006. Sejak saat ini ratusan warga yang tinggal di kampung Tarikolot tersebut, di relokasi ke Dusun Buah Lega sejak tahun 2009.

Pantauan dilapangan Jurnalsuma, ratusan bangunan rumah warga tampak di biarkan terbengkalai, selain bangunan rumah berberapa perabotan rumah juga dia biarkan begitu saja, seperti Lemari, rak piring, kasur dan berbagai jenis perabotan rumah tangga lainnya di tambah pula muncul retak tanah yang cukup besar.

Kepala Desa Sidamukti, Karwan mengatakan, sebanyak 180 rumah warga dan 253 Kepala Keluarga (KK) di pindahkan ke Block Buah Lega Desa Sidamukti.

“Sejak terjadi pergerakan tanah kami dari Pemerintah Desa menghimbau masyarakat untuk mengosongkan rumah yang ada di kampung Tarikolot, akan tetapi masih ada warga yang masih bertahan di kampung Tarikolot sebanyak delapan Kepala Keluarga 13 orang,” kata Karwan.

Sementara itu, Asep yang tadinya tinggal di Kampung Tarikolot sudah lama mengosongkan rumah, ia mengaku meninggalkan rumah takut terjadi lergerakan tanah susulan.

“Kosong semua rumah saya sudah lama ditingalin, mau rumah hancur, mau engga di tinggal pokonya, soalnya di sana rawan bencana longsor,” kata Asep kepada Jurnalsuma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here