JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Wilayah pesisir perairan Waduk Jatigede, tepatnya di Desa Wado, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dipenuhi limbah sampah. Keberadaan limbah sampah ini menggangu warga sekitar karena menimbulkan bau tak sedap, Senin (1/2/2021).

Pantauan di lapangan jurnalsuma, ratusan kubik limbah sampah ini memenuhi area pesisir perairan Waduk Jatigede, di blok Kecamatan Wado hingga Jatinunggal ini sudah terjadi sejak satu bulan lalu.

Menurut salah seorang warga, Ujang Kusnadi, limbah sampah tersebut terbawa arus sungai Cimanuk hingga bermuara di perairan pesisir Waduk Jatigede. Selain mencemari lingkungan tumpukan sampah ini juga menimbulkan aroma tidak sedap.

“Iya banyaknya sampah ini menimbulkan aroma tidak sedap, sehingga meresahkan warga, kami juga khawatir keberadaan sampah ini akan menimbulkan penyakit,” kata Ujang.

Ujang menuturkan, hingga saat ini belum ada penanganan dari pihak Pemerintah maupun pihak Jatigede. Warga berharap kondisi ini mendapatkan perhatian dari pihak terkait. Agar pengunjung dan warga setempat bisa melihat keindahan pesisir waduk Jatigede.

“Warga dan karang taruna Wado sudah melakukan pembersihan, namun meski demikian banyaknya sampah sebanyak ini membuat warga kebingungan. Pembersihan sampah ini harus dilakukan menggunakan alat berat tidak mungkin dilakukan dengan alat sederhana,” ucapnya.

Meski menimbulkan bau tak sedap, namun keberadaan sampah ini rupanya membawa berkah tersendiri bagi sejumlah warga yang meraup keuntungan dengan mengais limbah sampah untuk dijual atau dimanfaatkan.

Limbah sampah juga terlihat sekitar 200 meter dari pesisir Waduk Jatigede, warga berharap kondisi ini medapat perhatian dari pihak terkait. Pasalnya Pemerintah Daerah Sumedang menetapkan wilayah Jatigede sebagai Objek Wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here