JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Jembatan penghubung dua Desa di Dua Kecamatan, di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, diresmikan Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. Sabtu (30/1/2021).

Pada kesempatan tersebut, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengataka, jembatan yang menjadi penghubung Desa Karang Bungur, Kecamatan Buah Dua dengan Desa Rangga Sari, Kecamatan Surian tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi warga di kedua Desa dan wilayah lainya.

“Jembatan tersbut memiliki panjang 120 Meter dan lebar 1,20 Centi Meter. Dikerjakan dalam 17 hari, terhitung mulai tanggal 13 Januari dan selesai pada tanggal 29 Januari 2021. Jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga,” kata Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Jembatan tersebut dibangun di atas aliran sungai cikandung, dengan
Pembangunan jembatan yang diberi nama, Jembatan Gantung Siliwangi 1 ini merupakan kerjasama antara Kodam Siliwangi dengan Vertical Rescue Indonesia dalam program ekspedisi 1000 jembatan gantung untuk Indonesia.

Jembatan gantung ini diharapkan dapat dimanfa’atkan oleh warga untuk mempermudah akses dalam mengangkut hasil pertanian di kedua Desa dan wilayah sekitarnya.

Untuk keamanan, jembatan tersebut hanya dapat dilalui maksimal oleh 3 orang dan 1 kendaraan roda dua secara bergantian saat melakukan penyebrangan.

Selanjutnya akan dilakukan peninjauan lebih lanjut dengan kondisi jembatan yang menurut para ahli akan bertahan sepuluh tahun kedepan. Pangdam berencana akan melakukan pembangunan jembatan di sejumlah daerah lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here