JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Sejumlah delman di Kabupaten Sumedang digandeng aparat kepolisian untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini tak kunjung berakhir.

Delman tersebut dipasang pengeras suara pada bagian atas, yang difungsikan untuk memberikan imbauan protokol kesehatan saat delman itu berkeliling sambil menarik penumpang.

Dalam penerapan inovasi ini, kusir delman hanya perlu menekan tombol yang sudah disiapkan sedemikian rupa, lalu akan keluar suara imbauan penerapan protokol kesehatan yang sudah direkam sebelumnya.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, mengatakan, sejumlah delman itu akan berkeliling ke setiap kecamatan, terutama kecamatan yang terjadi peningkatan kasus positif Covid-19.

“Nanti delman itu akan kita arahkan ke kecamatan tersebut, tapi untuk sementara ini kita fokuskan di tengah kota,” kata Eko saat ditemui di Alun-alun Sumedang, Selasa (26/1/2021).

Pada hari pertama sosialisasi protokol kesehatan menggunakan delman itu, ada tiga delman yang dilibatkan, namun untuk ke depan jumlahnya bakal ditambah sesuai kebutuhan di lapangan.

“Delman ini akan berkeliling memutarkan lagu-lagu dan imbauan terkait protokol kesehatan di Kabupaten Sumedang. Jadi delman ini dilengkapi pengeras suara dan sirine,” kata Eko.

Ia mengatakan, delman tersebut akan dilibatkan seterusnya untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk menekan penyebaran virus Corona.

“Upaya ini bisa membantu pemerintah daerah, khususnya anggota Satpol PP dalam menegakan penerapan protokol kesehahatan,” ucapnya.

Selain itu, kata Eko, upaya ini juga sebagai bentuk penyegaran dalam menjalankan operasi yustisi yang sudah dilakukan selama satu tahun, sehingga perlu ada cara yang berbeda agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Seperti diketahui pembatasan sosial sudah dilakukan kepada masyarakat, tentunya ada kejenuhan,” kata Eko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here