JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) obyek Wisata Balong Gelis di Dusun Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat sudah mulai di datangi wisatawan lokal maupun luar.

Pantauan di lapangan, petugas dari Polsek Cibugel terus melakukan himbauan ke para pengunjung agar selalu menerapkan protokol Kesehatan. Obyek wisata Balong Gelis ini selalu didatangi pengunjung dari luar daerah, seperti Padeglang, Garut, Tasik, Bandung dan Jakarta.

Menurut salah seorang pengunjung asal Jakarta, Dewi bersama keluarganya liburan ke Balong Gelis ini dengan tujuan untuk berwisata, untuk melihat keindahan di kawasan obyek wisata Balong Gelis.

“Kami bersama keluarga sengaja datang ke tempat wisata ini, sekaligus liburan untuk menyambut momen tahun baru,” kata Dewi, Kamis (24/12/2020).

Dewi mengatakan, pemandangan di obyek wisata Balong Gelis ini sangat indah, karena Balong Geulis terletak di dataran tinggi dengan dikelilingi pegunungan yang sangat indah.

“Hamparan kebun teh, kebun kopi, menjadi salah satu primadona bagi pengunjung untuk berswafoto,” ucapnya.

Sementara itu pemilik obyek Wista Balong Gelis, Dadang Romansyah mengatakan, suata momen natal dan tahun baru ini memang suatu momen yang di manfaatkan oleh semua masyarakat yang hendak liburan, maka dari itu pihaknya mengatisipasi adanya lonjakan pengunjung yang mulai berdatangan ke Balong Gelis. Pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami sudah menyiapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari pintu masuk sudah ada handsanitizer, tempat mencuci tangan, termal ghun dan jaga jarak,” kata Dadang.

Dadang menuturkan, obyek wisata Balong Gelis ini memiliki kapasitas 500 orang, namun di masa pandemi Covid-19 ini atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), pihaknya akan membatasi kapasitas pengunjung.

“Iya biasanya di perbolehkan pengunjung yang masuk 500 orang, namun sekarang menjadi 150 atau 200 orang, dan nantinya akan bergantian supaya tidak ada kerumunan orang,” tuturnya.

Pengunjung untuk sampai saat ini, kata Dadang, masih relatif sama dengan hari biasanya. Namun lonjakan pengunjung di prediksi akan terjadi pada tanggal 25 sampai dengan tahun baru.

“Meski nanti ada lonjakan bagi pengunjung, kami sudah mengatisipasinya menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ucapnya.

Kapolsek Cibugel, AKP Idan Wahyudin mengatakan, jelang natal dan tahun baru ini pihaknya bersama satgas Covid-19 Kecamatan Cibugel akan terus memantau seluruh obyek wisata pada saat liburan nanti.

“Kami akan terus melakukan himbauan ke para pengunjung agar selalu menerapkan protokol Kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Idan.

Lanjut Kapolsek, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh pemilik tempat obyek wisata, agar selalu patuh akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang sudah diterapkan pemerintah.

“Kami juga menghibau ke seluruh pemilik obyek wisata, agar selalu membatasi pengunjung maksimal 50 persen, agar tidak ada kerumunan orang,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here