JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020, gelombang III dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Sub Denpom, Satpol PP, Dishub, BPBD, Dinas Kesahatan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang, melakukan gelar pasukan di halaman Mapolres Sumedang, guna mengamankan jalannya Pilkades serentak tahun ini.

Pemilihan Kepala Desa tersebut akan di ikuti 26 kecamatan yang terdiri dari 88 Desa se Kabupaten Sumedang, yang akan di laksanakan pada esok hari tanggal 16 Desember 2020.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan ada 5 indikator pelaksanaan Pilkades Serentak berjalan sukses. Indikator yang pertama yakni Pilkades berjalan aman, damai, dan tertib. Kemudian Pilkades terhindar dari penyebaran Covid-19, lalu yang ketiga antusias pemilih meningkat. Keempat, sukses administrasi, dan yang kelima menghasilkan kepala desa yang berkualitas.

“Untuk mencapai lima indikator itu perlu kesiapan semua pihak, perlu koordinasi yang bagus, kolaborasi dan kekekompakan. Siapa berbuat apa harus betul-betul diterapkan,” kata bupati, usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak gelombang tiga, di Mapolres Sumedang, Selasa (15/12/2020).

Ia menggambarkan, dirinya sudah menugaskan SKPD untuk betul-betulu fokus pada pelaksanaan Pilkades yang akan berlangsung besok.

“Dengan apel persiapan ini menandakan kesiapan kami, Pemda, TNI, Polri serta semua komponen telah siap mengadakan pilkades serentak.
Kesiapan ini mudah-mudahanan membuahkan keberhasilan pilkades,” ujarnya.

Terkait pilkades di masa pandemi ini, bupati mengajak semua komponen menjadi satgas Covid-19, supaya pelaksanaan pilkades serentak berjalan aman, dan bebas dari penyebaran Covid-19. Untuk mewujudkan itu, kata Dony, diperlukan kerjasama dan kerja keras semua pihak.

“Supaya aman dari Covid-19 prokes harus dijalankan secara efektif. Kuncinya pilkades aman dan sehat. Aman dari pertikaian dan perpecahan, dan sehat yaitu aman dari Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menuturkan, ada sebanyak 1.071 personel gabungan yang akan bertugas mengamankan jalannya pilkades serentak di wilayah hukum Sumedang.

“Saya tekankan kepada semua petugas agar gunakan APD (alat pelindung diri) lengkap, masker, faceshield, sarung tangan, hand sanitizer pribadi. Kemudian jangan ragu menegur siapapun pihak yang tidak menjalankan protokol kesehatan,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here