JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Sebuah rumah di Dusun Nangerang RT 03 RW 08 Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang Jawa Barat ambruk, Rabu (21/10/2020) malam. 

Kapolsek Cisitu, Iptu Awang Munggadiharja menuturkan, rumah yang ambruk berukuran 5×8 meter milik warga bernama Ny. Juju (61). Dikatakan, rumah ambruk saat kondisi cuaca sedang hujan lebat.

“Kejadiannya pukul 20.31 WIB, saat kejadian cuaca sedang hujan disertai angin, tiba-tiba rumah tersebut roboh,” kata Awang, Kamis (22/10/2020).

Kata Awang, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, sebab rumah semi permanen tersebut dalam keadaan kosong.

Warga setempat, Entis Sutiana (55) menyebutkan, warga sudah punya firasat rumah tersebut akan ambruk, sebab kondisinya yang sudah lapuk dan posisi dindingnya miring.

“Pemilik rumah sudah dievakuasi tiga hari lalu, karena kami lihat posisi rumah juga sudah miring,” kata Entis.

Sepengetahuannya, sejak 2007 rumah Uju tidak pernah mendapat perbaikan, baik oleh pemilik rumah maupun dari program perbaikan rumah tidak layak huni, hingga kondisinya lapuk. 

“Belum pernah dapat rutilahu, saya cek ke desa juga belum ada pengajuan,” ujarnya.

Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian materi akibat kejadian itu ditaksir mencapai Rp 25 juta.

Anggota Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Sumedang, Abah Jip mengatakan, pihaknya akan berupaya membantu mengajukan bantuan program rutilahu untuk Uju. Sepengetahuannya, Uju belum pernah mendapat bantuan dari program rutilahu dari pihak manapun. 

“Kami akan lihat dulu langkah dari desa seperti apa,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here