JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Pemkab Sumedang melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfosandistik) memasang kamera pengawas closed cisrcuit television (CCTV) pant tilt zoom (PTZ) di sejumlah titik keramaian. Pemasangan CCTV ini untuk memudahkan mendeteksi pelanggar protokol kesehatan.

Kepala Diskominfosandistik Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan, CCTV PTZ ini sudah dilengkapi kamera yang mampu mengontrol directional jarak jauh dan zoom dengan pergerakan yang bisa diarahkan ke berbagai arah, dan tentunya bisa memperbesar tampilan gambar pada layar monitor.

“CCTV PTZ ini sudah dipasang di 5 titik keramaian yakni, Taman Telor, Alun-alun Tegal Kalong, Masjid Agung Sumedang termasuk Alun-alun Sumedang, Bunderan Binokasih, dan di sekitar Griya Plaza,” ujarnya, Rabu (14/10/2020).

Untuk memantau kerumunan dan warga yang tidak memakai masker di tempat keramaian menggunakan CCTV, kata Iwa, dilakukan dari Kantor Diskominfosanditik, yang sudah terkoneksi dengan Satpol PP, serta Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.
“Jadi, petugas bisa mudah memantau kerumunan di tempat keramaian,” kata Iwa

Ia mengatakan, jika dalam CCTV tersebut terekam ada yang melanggar protokol kesehatan, petugas dari Satpol PP akan turun ke lokasi untuk memberikan sanksi sesuai Perbup nomor 74 tahun 2020, tentang sanksi administratif terhadap pelanggaran tertib kesehatan dalam pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dan penanggulangan Covid-19.

Selain digunakan untuk memantau tempat keramaian ditengah pandemi Covid-19, pemasangan CCTV PTZ itu tujuannya untuk memantau aksi kriminalitas dan kondisi arus lalu lintas di Kabupaten Sumedang.

“Makanya, CCTV itu juga bisa terkoneksi dengan Dinas Perhubungan dan aparat kepolisian untuk memantau kriminalitas dan arus lalu lintas,” kata Iwa.

Terlebih, kata Iwa, CCTV PTZ ini sangat cocok untuk dipasang di area yang luas karena dengan adanya fitur PTZ itu semua area di satu titik bisa tercover secara keseluruhan.

“Selain itu camera PTZ juga merupakan jenis camera CCTV outdoor, sehingga bisa tahan panas maupun hujan,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here