JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Warga Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Utara melakukan aksi bersih bersih di aliran Sungai Cipeles, Jumat (9/10/2020) pagi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjalankan program Cipeles Bersih.

“Sesuai arahan Pak Camat, kebetulan Kelurahan Talun wilayahnya dilewati aliran Sungai Cipeles,” kata Lurah Talun, Endang Rohman.

Dikatakan, sebelumnya dilakukan rapat persiapan Cipeles Bersih yang dihadiri para kepala desa dan kelurahan yang wilayahnya dilewati aliran Sungai Cipeles, dari mulai hulu sampai ke hilir.

“Hampir semua wilayah Talun dilewati Sungai Cipeles, kami bersihkan Cipeles dari sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah lingkungan seperti ranting pohon,” katanya.

Lebih jauh dikatakan gerakan bersih-bersih Cipeles dilakukan guna menjaga lingkungan menjadi asri. Selain itu juga untuk mencegah bencana alam seperti banjir.

“Di Talun juga rutin dilakukan kegiatan Jumsih (Jumat Bersih) tiap pekannya, namun warga juga diimbau agar tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here