JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Kantor Puskesmas Kertajati Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka Jawa Barat ditutup untuk sementara waktu, setelah diketahui satu orang tenaga kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (30/09/20).

Penutupan Puskesmas tersebut dapat dilihat dari tidak adanya aktifitas, sementara posisi pintu kantor yang tertutup rapat dalam keadaan digembok dengan poster pengumuman bertulisakan penutupan dan pengalihan pelayanan terpasang jelas di pintu gerbang masuk puskesmas.

Penambahan kasus baru positif Covid-19 di Puskesmas Kertajati tersebut, menambah daftar klaster perkantoran di Kabupaten Majalengka setelah sebelumnya kantor Dinas Kesehatan dan Dinas Perijinan ditutup karena kasus yang sama.

Menurut Camat Kertajati, H. Asep Rukanda mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari kepala Puskesmas Kertajati bahwa salah seorang tenaga kesehatan bagian laboratorium terkonfirmasi positif Covid-19, setelah sebelumnya melakukan tes swab dan hasilnya dinyatakann positif, dan kini Puskesmas pun ditutup sementara.

“Informasi dari Kepala Puskesmas berkaitan dengan seorang tenaga kesehatan yang setelah melakukan tes swab dinyatakan positif, sehingga mulai tanggal 30 September hingga tanggal 1 Oktober sementara pelayanan dialihkan,” Kata Asep Rukanda kepada Jurnalsuma.com

Lanjut Asep, semua pelayanan selama tiga hari kedepan dialihkan untuk sementara waktu ke empat puskesmas pembantu seperti, Puskesmas Kertawinangun, Babakan, Sukawana, dan Puskesmas Palasah, serta khusus pelayanan rujukan masyarakat diarahkan menghubungi no handpone yang tertera di poster penguman.

“Iya penutupan puskesmas ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, dan upaya mencegah penambahan kasus baru di wilayah Majalengka,” Ucapnya

Kini sedikitnya 50 Orang karyawan dilingkungan puskesmas Kertajati melakukan tes swab dan menjalani karantina sampai hasil tes dari laboratorium RSUD Gunungjati Cirebon keluar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here