JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Subuah pohon yang berada di pinggir jalan Provinsi tepatnya di Desa Kawunggirang Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka Jawa Barat tumbang dan menutup akses jalan Majalengka-Cikijing, Senin malam (28/09/20).

Tumbangnya pohon tersebut terjadi sekitar Pukul 20:00 WIB mengakibatkan akses jalan dari kedua arah mengalami lumpuh total dengan kemacetan panjang sekitar dua kilo meter, baik dari arah Majalengka kota menuju Cikijing maupun arah sebaliknya.

Menurut keterangan kepala Desa Kawunggirang Ili Hariri mengatakan, tumbangnya pohon tersebut diakibatkan oleh adanya angin kencang ditambah dengan kondisi pohon yang memang sudah miring dan rapuh karena usia, dan sempat mengenai kabel Telkom sebelum akhirnya tumbang menghalangi badan jalan.

“Di duga karena angin kencang dan pohon dalam kondisi sudah rapuh sehingga rubuh menutup akses jalan dan sempat mengenai kabel Telkom,” Terang Ili Hariri kepada Jurnalsuma.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri dan Satpol PP Kabupaten Majalengka yang datang kelokasi langsung berupaya mengepakuasi pohon yang tumbang menghalangi jalan tersebut dengan menggunakan alat pemotong.

Kasie kedaluratan bencana BPBD kabupaten Majalengka Rezza Permana mengatakan, bahwa petugas mengalami kendala karana ukuran pohon yang besar ditambah dengan ada kerusakan pada alat yang digunakan sehingga upaya evakuasi yang dilakukan berjalan cukup lama.

“Kita dapatkan laporan dan langsung melakukan upaya evakuasi dengan bantuan warga. karena ukuran pohon yang cukup besar mengakibatkan alat yang di gunakan mengalami masalah, tetapi Alhamdulillah sekarang sudah teratasi dengan aman,” Kata Rezza.

Setelah hampir lebih dari dua jam, petugas gabungan yang dibantu oleh warga sekitar akhirnya berhasil memindahkan pohon yang melintang dan menghalangi badan jalan tersebut, dan kemacetan panjangpun sedikit demi sedikit berhasil diurai oleh petugas.

Tidak ada korban dalam peristiwa ini, hanya saja petugas hampir tertimpa pohon pada saat sedang melakukan pemotongan pada bagian pohon yang tumbang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here