JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Kodim 0610 Sumedang bekerjasama dengan BAZNas Kabupaten Sumedang menggelar Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni. Program ini dalam rangka HUT ke-75 TNI dan HUT ke-58 Korem 062/Tarumanegara.

Ketua BAZNas Sumedang, Ayi Subhan Hafas mengatakan, ada sebanyak 14 unit rumah tidak layak huni yang akan direhab melalui program ini.
“14 rumah tersebut tersebar di 14 kecamatan di wilayah Sumedang, dan belum tersentuh bantuan,” kata Ayi, saat penyerahan bantuan stimulan di Makodim, Selasa (29/9/2020).

Adapun rumah yang akan direhab berada di wilayah Kecamatan Sumedang Utara, Cimalaka, Tanjungkerta, Pamulihan, Jatinangor, Rancakalong, Paseh, Buahdua, Tomo, Darmaraja, Cisitu, Jatinunggal, Jatigede, dan Cimanggung.

Masing-masing rumah, sambung Ayi, akan mendapat dana stimulan dari BAZNas Sumedang sebesar Rp 7,5 juta. Adapun pengerjaannya akan dilaksanakan eh tim dari anggota TNI bersama masyarakat.

Dandim 0610/Sumedang Letkol. Inf. Zaenal Mustofa mengatakan program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) yang dikhususkan bagi warga yang kurang mampu, merupakan salah satu agenda kegiatan Kodim 0610/Sumedang dari beberapa rangkaian kegiatan memperingati Dirgahayu ke-75 TNI dan HUT ke-52 Korem 062/Tn.

Ia mengatakan, bedah rumah dilakukan bertujuan untuk menekan angka kemiskinan di wilayah Teritorial Kodim 0610/Sumedang. Dengan adanya program RTLH dapat berjalan dengan tepat sasaran bagi masyarakat yang kurang mampu dalam mewujudkan rumah idaman yang layak huni.

“Bedah rumah tidak layak huni bagi warga kurang mampu, untuk mendorong dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rumah tinggal yang layak huni,” kata Dandim.

Selain itu, lanjut Dandim, program renovasi RTLH seperti ini akan terus dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Sehingga program ini dapat dilaksanakan secara terus-menerus yang muaranya untuk memberikan rumah yang layak huni bagi rakyat miskin.

“Melalui program ini kepedulian TNI membantu warga miskin atau kurang mampu sebagai sarana dalam pemberdayaan wilayah serta mengatasi kesulitan rakyat yang terjadi di daerah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ucapnya.

Dandim mengharapkan, agar dengan dicanangkan kegiatan Bakti TNI untuk pelaksanaan renovasi ini akan semakin memberikan kontribusi langsung, terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

Menurutnya, agar program ini terwujud, diperlukan langkah koordinasi dan kerjasama yang sinergis dengan pemerintah daerah.
“Dan kami bersyukur kepada BAZNas Sumedang sangat mendukung program RTLH ini, selain itu partisipasi aktif dari masyarakat menjadi kunci penentu keberhasilan dan kelancaran kegiatan renovasi rumah tidak layak huni,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here