JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Berbekal keahlian dibidang mebel, Maman Rustaman (38) warga Dusun Caricangkas, Rt 01/04, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang mampu menciptakan miniatur mobil dari bahan kayu triplek dan pvc.

Kendati hanya dibuat dari bahan sederhana, namun miniatur yang dihasilkan dengan detail menyerupai bentuk aslinya. Pembuatan kerajinan miniatur mobil tersebut sudah ditekuni hampir tiga tahun lebih, berawal dari hobi dan latar belakang Maman sebagai pengrajin mebel.

Hal tersebut diakui oleh salah seorang konsumen, Temon (48) asal Kecamatan Buah Dua saat datang langsung untuk memesan miniatur truk oleng karena tertarik dengan detail miniatur yang masuk kategori pul miniatur.

“Ini lebih detail miniaturnya pul miniatur kategorinya Recomended dan beda dengan yang lain,” Ucap Temon Sabtu (26/09/2020).

Sementara itu menurut pengrajin miniatur mobil Maman Rustaman mengatakan, selain melayani pesanan konsumen di Sumedang. Miniatur mobil tersebut juga dikirim keluar pulau jawa seperti Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan sistem pemasaran sebagaian besar di pesan oleh kunsumen secara on line.

Lanjut Maman, saat ini dia terkendala masalah modal untuk biaya produksi ditambah pesanan saat ini mengalami penurunan karena terdampak pandemi Covid-19.

“Kendala modal apalagi sekarang jamannya lagi begini Kendala modal memang pasti ada. Apalagi saat ini di massa pandemi Covid-19, Sulit untuk mendapatkan modal juga. Pesanan ya Alhamdulillah ada aja yang pesan tapi nggak seperti biasanya,” Terang Maman kepada Jurnalsuma.com Saat ditemui di tempat kerjaanya.

Sewaktu belum ada pandemi corona, Maman mampu membuat dan mengirimkan pesanan kekonsumen lebih dari 10 unit dalam satu bulan. Tetapi untuk saat ini hanya 5 unit per bulan. Tetapi meski begitu Maman mengaku dirinya tetap bersyukur.

Selain membuat miniatur truk, bis dan pick up. Maman juga menerima pembuatan miniatur mobil jenis lainnya sesuai keinginan dan pesanan dari konsumen dengan harga bervariasi tergantung ukuran, model dan aksesories tambahan dengan kisaran harga mulai Rp 100 ribu sampai Rp 850 ribu untuk model standar, dan Rp 2,2 juta per unit untuk model khusus dengan tambahan mesin remot dengan proses pengerjaan yang cukup lama.

“Iya mobil miniatur yang di jual bermacam macam dan teegantung peminatnya, saya mengerjakan mobil miniatur ini sendiri tanpa ada banruan orang lain,” Ucapnya

Maman berharap, semoga usahanya bisa tambah maju lagi dan tambah lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here