JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Sejumlah jurnalis di Sumedang mempertanyakan proses hasil tes swab yang terbilang lama keluarnya.
Sebelumnya belasan jurnalis di Sumedang harus menjalani isolasi mandiri setelah menjalani tes swab, Rabu (16/9/2020), namun hingga hari ke delapan isolasi, Rabu (23/9/2020) hasil tes swab tersebut belum juga keluar.

“Ya jelas kami butuh hasil swab secepatnya, karena kalau semakin lama isolasi bisa mengganggu psikis,” kata Nanang Sutisna, jurnalis Kabar Priangan, yang menjalani tes swab.

Padahal sepengetahuannya, hasil swab bisa keluar kurang dari 7 hari.
“Malah ada yang 3 atau 4 hari sudah keluar hasilnya, tapi kami sudah seminggu masih belum keluar,” katanya.

Jurnalis lainnya, Agun Gunawan, juga menyangkan lambatnya hasil swab keluar. Kondisi ini menurutnya sangat menghambat pekerjaannya selaku jurnalis, yang bekerja di lapangan.

“Tidak ada kejelasan kapan hasilnya keluar, kalau lihat teman-teman di Bandung itu paling lama 4 hari sudah keluar,” ucapnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, pada Dinas Kesehatan Sumedang, dr. Renny Kurniawati Anton mengatakan pihaknya tidak bisa memastikan kapan hasil tes swab keluar. Namun Ia mengapresiasi kepada para jurnalis yang sudah menjalani isolasi mandiri secara ketat sesuai anjuran, meskipun hasil swab-nya belum keluar.

“Jika sudah menjalani isolasi selama 10 hari dan tidak muncul gejala, itu aman. Karena itu kami apresiasi teman-teman wartawan yang sudah isolasi mandiri, guna memutus mata rantai Covid-19,” katanya, didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Aep Dadang Hamdan.

Sebelumnya belasan jurnalis di Sumedang harus menjalani isolasi mandiri setelah tes swab, karena kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here