JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Guna mencegah penyebaran Covid-19 Pemkab Majalengka Jawa Barat melakukan tes swab massal di 9 desa yang ada di Kecamatan Panyingkiran, Sabtu (19/9/2020). Tes swab massal ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan.

Kepala UPT Puskesmas Panyingkiran, Akhmad Hidayat mengatakan, tes swab massal ini menargetkan 60 orang, baik dari perangkat desa maupun warga usia rentan.

“Tes swab massal dilakukan di sejumlah kecamatan di Majalengka, dengan menyisir wilayah yang jadi espisentrum penularan Covid -19 di Wilayah Panyingkiran,” katanya.

Dikatakan, tes swab massal di hari ke dua ini dilakukan kepada 42 orang perangkat desa dari 9 desa yang ada di Kecamatan Panyingkiran, karena menjadi espisentrum penyebaran Covid-19.
“Kami mendeteksi orang yang melakukan kontak terhadap pasien positif Covid-19,” ujarnya.

Ia berharap dengan tes masif ini tidak ada perangkat desa atau orang yang kontak erat dengan pasien covid berkeliaran, sehingga menyebarkan virus korona ke orang lain.

Lebih jauh dikatakan, swab tes dilakukan secara hati-hati, untuk menghindari ketakutan dan penolakan.
“Masih ada yang menolak untuk di-swab, ada ketakutan atau menolak, sehingga kami sangat berhati hati untuk memilih lokasi tes swab,” ucapnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Ang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here