JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Pemkab Sumedang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman akan merenovasi tugu selamat datang di Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan. Hal tersebut dikatakan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melalui akun Instagram dan Facebook-nya per Senin (14/9/2020).

Dalam akun media sosialnya tersebut bupati mengatakan pembangunan gapura nanti akan mengacu pada Perda tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS), dengan desain dan ornamennya akan banyak sentuhan seni dan budaya sunda.

“Perpaduan antara budaya dan teknologi. Holografi bisa berubah-ubah sesuai desain, seperti penari jaipong, mahkota Binokasih, Kuda Renggong dll,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, di samping gapura juga akan ada taman, tempat duduk untuk beristirahat, dan juga untuk swafoto.

“Insya Alloh pembangunan renovasi Gapura Selamat Datang akan dilaksanakan tahun ini, neda piduadana (minta doanya) dilancarkan,” ucapnya.

Dalam tulisannya itu bupati juga mengucapkan terima kasih kepada warga dan netizen yang telah menyampaikan kritik desain gapura, yang dinilai tidak futuristik, tidak bernilai seni, dan tidak menggambarkan kota seni dam budaya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Ang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here