JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Berbagai macam cara dilakukan oleh warga masyarakat dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) Ke-75 RI, salah satunya warga Dusun Babakan Peundeuy Desa Mekarjaya menutup rangkaian kegiatan dengan acara menggogo ikan di balong. Selain berlomba-lomba mengogo ikan di balong seluas 8×6 Meter dengan tangan kosong, hasil yang diperoleh menjadi hak masing-masing peserta, hadiah tambahan juga diberikan oleh panitia kepada peserta yang berhasil menangkap ikan warna merah berupa uang tunai Rp. 25.000 per ekor.

Menurut panitia acara Dea, acara mengogo ikan di balong merupakan acara penutupan rangkaian kegiatan peringatan HUT RI yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya oleh warga Dusun Babakan Pendeuy sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan.

“Pada kegiatan Tahun ini, panitia tidak mengadakan lomba-lomba lain yang berpotensi mengundang banyak orang karena berkenaan dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini,” kata Dea saat ditemui jurnalsuma.com Sabtu (29/08/2020)

Lanjut Dea, peserta yang mengikuti perlombaan menggogo ikan di balong ini khusus warga yang berdomisili Dusun Babakan Pendey dengan jumlah yang dibatasi, dan penonton pun dihimbau untuk tetap memperhatikan jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan.

“Iya pesertanya juga kita batasi jangan sampai melanggar peraturan pemerintah yang sudah diterapkan, seperti menjaga jarak dan memakai masker,” ucapnya

Acara ini digelar untuk memeriahkan HUT RI dan sebagai bentuk rasa syukur kami atas kemerdekaan. Khusus untuk Tahun ini tidak ada peserta dari luar Dusun, acara di tahun ini juga memang berbeda di tahun sebelumnya, dan mudah-mudahan situasi saat ini cepat pulih seperti biasanya, korona segera hilang agar aktifitas kembali normal, dan di Tahun depan semoga bisa menggelar acara yang lebih meriah dengan peserta yang lebih banyak.

(Editor Naskah : Kagun)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here