JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka Jawa Barat kembali bertambah, setelah seorang warga Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan penambahan tersebut, kini jumlah kasus positif Covid-19 di Majalengka menjadi 41 orang.

Kepala Desa Mirat, Asep Sumekar mengatakan warganya yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 tersebut berjenis kelamin laki-laki berusia 21 tahun. Kini pasien tersebut mendapat perawatan di rumah sakit Sumber Waras Cirebon.

Adapun upaya pencegahan virus Covid-19 pihaknya bersama tim gugus tugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkunan rumah tinggal pasien positif Covid-19 tersebut, Rabu (19/8/2020).

“Untuk mencegah penyebaran lebih banyak kami melakukan penyemprotan disinfektan 50 rumah yang berdekatan dengan rumah pasien,” ujarnya kepada jurnalsuma.com.

Lebih jauh Asep mengatakan, meski ada warganya yang terpapar virus korona, namun berdasarkan rekomendasi pihak Puskesmas, tim gugus tugas tidak melakukan tes swab kepada orang yang kontak erat dengan pasien, baik kepada keluarga pasien maupun warga sekitar, dengan alasan tidak ada yang muncul gejala fisik.

“Sebelumnya kami sudah melakukan isolasi mandiri untuk 10 warga yang merupakan keluarga pasien Covid-19,” ujarnya.

Meski demikian pihaknya berharap warganya menjalani tes swab, untuk meyakinkan warga bahwa mereka tidak terpapar Covid-19. Warga keberatan jika harus melakukan tes swab mandiri, karena biayanya dinilai mahal.

“Sekarang kami berharap pihak pemerintah baik kecamatan ataupun Kabupaten Majalengka memberikan bantuan terhadap warga yang melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here