JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Kepolisian Resor Sumedang menjalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, Kodim 0610 Sumedang dan seluruh stake holder dalam mengawal serta monitoring sekaligus melakukan pengamanan di setiap kegiatan penyaluran/ pendistribusian bantuan sosial (Bansos) kepada warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Langkah ini guna memastikan pelaksanaan penyaluran Bansos dapat berjalan secara aman dan kondusif.

Upaya dalam mengantisipasi penyalahgunaan Bansos yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat, melalui sejumlah tahapan terhadap masyarakat terkena dampak penanganan peyebaran Covid-19 khususnya, hingga saat ini agar berlangsung berjalan cukup baik.

Dalam pelaksanaannya, petugas dari Polres Sumedang, Jawa Barat berkoordinasi dengan sejumlah intasi terkait terjalin cukup baik. Meski mengalami sejumlah permasalahan, seperti halnya kriteria penerima, kurang validnya data penerima, masih terdapat adanya penerima ganda, serta juga penerima yang telah meninggal dunia, karena data yang ada di lperoleh dari hasil sensus pada tahun 2015 lalu.

Koordinasi yang dilakukan ini merupakan upaya dari pihak Polres Sumedang untuk menjaga kondusifitas dan juga penyelewangan yang mungkin saja terjadi yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dan sejauh ini koordinasi dan pengawasan telah dilakukan dengan beberapa dinas dan intansi terkait, seperti halnya, Dinas Sosial Kabupaten Sumedang, Bank Sumedang, PT Pos Indonesia Cabang Sumedang, pemerintah desa, Bulog dan juga intansi lainnya.

Kapolres Sumedang, AKBP Dwi Indra Laksmana, melalui Kasat Intelkam Polres Sumedang, AKP Kurniawan mengatakan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan juga pengawasan terhadap bantuan sosial yang turun dari pemerintah. Sehingga seluruh program Bansos yang diselenggarakan oleh Kemensos RI, Pemprov Jabar, Pemkab Sumedang, serta sumber bantuan Dana Desa dan Kementrian Perikanan kelautan dan kelautan RI dapat berjalan dengan lancar dan kondusif, sesuai prinsip 6T yaitu tepat sasaran, tepat kualitas, tepat jumlah, harga, waktu dan tepat administrasi.

“Polres Sumedang akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait yang menyelenggarakan Bansos dan akan terjun langsung ke lapangan untuk memantau dan mengawasi jalur pendistribusian Bansos, agar tidak terjadi penyelewengan dan mengetahui langsung kisaran-kisaran yang terjadi di masyarakat demi lancar dan kondusifnya situasi Kamtibmas khususnya di wilayah Kabupaten Sumedang,” kata Kurniawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Sumedang, Agus Muslim mengaku pihaknya merasa senang dan terbantu atas upaya dari pihak Polres Sumedang melakukan Koordinasi sehingga tahapan penyaluran bansos dapat berjalan dengan lancar dan transparan.

“Kami bersama sama melakukan pengawasan dan evaluasi di setiap kegiatan penyaluran Bansos, sehingga temuan temuan di lapangan dapat diperbaiki dikemudian hari. Dan kami juga bisa sama sama melihat tekhnis pendistribusian serta kendala di lapangan yang terjadi. Diharapkan Bansos ini sangat membantu khususnya bagi warga masyarakat yang terkena dampak penanganan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here