JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Proses Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka yang sudah lama terhenti aktivitasnya di semua sekolah baik tingkat TK,SD hingga Perguruan Tinggi khususnya di kabupaten Sumedang, menjadi perhatian khusus di semua kalangan. Hal ini terjadi selain proses belajar yang tidak menentu juga menimbulkan kekhawatiran yang sangat besar bagi para orangtua akan masa depan pendidikan anak anaknya.

Melihat kondisi seperti ini pihak TNI khususnya Kodim 0610 Sumedang, melakukan inisiasi dengan maksud membantu meringankan beban para siswa siswi agar proses belajar bisa terus dilakukan meskipun dengan sistem online.

Sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap dunia pendidikan yang sekarang terhenti akibat pandemi covid, Kodim 0610 Sumedang membantu para siswa siswi untuk belajar online dengan menyediakan spot wifi gratis di koramil koramil se kabupaten Sumedang.

Melalui instruksi dan arahan Dandim 0610 Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa S.E.,M.Si, agar seluruh koramil se Kabupaten Sumedang, mengadakan spot wifi gratis bagi para oelajar yang tidak mampu. Hal ini dilakukan agar para pelajar yang ingin belajar namun secara onlie dan tidak mampu, bisa datang ke koramil setempat karena tersedia wifi gratis khususnya bagi pelajar.

Dandim 0610 uga menegaskan,siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran jarak jauh atau online karena keterbatasan jaringan internet, boleh mendatangi koramil terdekat untuk memanfaatkan fasilitas wifi yang telah disediakan.

“Silakan pergunakan fasilitas wifi gratis di koramil untuk kegiatan belajar daring atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sekolah, dan jangan dipakai diluar pelajaran seperti bermain game,”ujar Dandim.

Untuk menindaklanjuti perintah dari Dandim 0610 tersebut, Danramil 1014 Cimanggung kabupaten Sumedang, Kapten Inf Setio Pribadi, langsung melaksanakan pendampingan kegiatan belajar Daring warga binaan menggunakan fasilitas Wifi yang ada di Koramil 1014 Cimanggung.

Para siswa yang melaksanakan kegiatan belajar belajar secara online tersebut dari SMPN 1 Cimanggung, bertempat di aula Koramil 1014/Cimanggung dan akan dilaksanakan secara bergiliran dan tetap memperhatikan protokol kesehatan

Sementara itu, Ahmad (41), salah seorang orangtua siswa menyambut gembira program wifi gratis yang berada di koramil ini, karena menurutnya setiap hari anaknya harus belajar dan mengerjakan tugas sekolah secara online.

“Cukup membantu mengurangi beban belanja kuota. Anak juga kalau belajar ada teman jadi lebih semangat ketimbang sendiri di rumah,” ujarnya.

Ahmad pun berharap, apa yang dilakukan Kodim Sumedang ini bisa diikuti oleh pihak lainnya, karena dengan program ini sangat meringankan beban warga yang berpenghasilan rendah dan termasuk kedalam ekonomi bawah.

“Semoga semakin banyak lagi pihak yang peduli yang turut memerhatikan kondisi pendidikan sekarang ini,” pungkas nya.

(Editor Naskah : Kewoy)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here