JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Setelah dilaksanakan tes swab pertama dan kedua, dari 23 orang keluarga dan tetangga pasien positif covid-19 klaster Medan, kini satu orang dinyatakan positif Covid-19. Yang bersangkutan berprofesi sebagai buruh pabrik di salah satu perusahan yang ada di Kabupaten Majalengka.

Tim medis dari UPT Puskesmas Waringin langsung mensterilkan rumah warga yang tertular wabah Covid-19 dengan cara melakukan penyemprotan disiinfektan di sekitar rumah warga yang terpapar.

Adanya transmisi lokal dengan pasien positif covid-19 klaster Medan, dilaksanakan tes swab dua kali sesuai SOP kesehatan. Dari 23 orang tersebut satu orang diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Orang tersebut merupakan warga Desa Cisambeng Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka.

Dengan hasil swab tersebut pihak pemerintah desa dan juga tim medis dari Puskesmas Waringin melakukan pengiriman logistik kepada warga yang sedang menjalani isolasi secara mandiri. Selain itu petugas juga melakukan sterilisasi terhadap rumah yang terpapar Covid-19.

Kepala UPT Puskesmas Waringin, Mulyana Alamsyah mengatakan, pihaknya selalu memberikan obat-obatan, hand sanitizer, pengertian, dan memberikan edukasi terhadap salah satu pasien positif covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri tanpa ada gejala.

Sementara itu, Kepala Desa Cisambeng, Eros Surjadiningart mengatakan pihaknya siap menjamin kebutuhan pokok warga yang terpapar wabah Covid-19, hingga berakhirnya masa isolasi.

“Kami selalu menghimbau kepada masyarakat Desa Cisambeng agar bersikap tenang dan jangan mengabaikan aturan pemerintah tentang Protokol kesehatn,” ucapnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here