JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Guna memutuskan mata rantai Covid-19 Karang Taruna Desa Cimuncang Kecamatan Malasusma membentuk Satgas Relawan Covid-19 di blok Jotang Desa Cimuncang.
Relawan ini mempunyai peran penting untuk melakukan Pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu juga untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok warga blok Jotang.

Akibat seorang warganya terkonfirmasi positif Covid-19, pemerintah desa melakukan karantina mandiri di blok Jotang. Aktifitas kampung pun dibatasi, wargapun tidak di berkenankan untuk keluar kampung.

Tiga pintu akses ke blok Jotang sejak kemarin telah di tutup, setelah satu warga yang pulang dari Pamekasan Madura Jawa Timur terkonfirmasi positif korona. Untuk saat ini warga tersebut dalam penanganan medis Rumah sakit Umum Daerah Majalengka.

Salah seorang tim relawan Gugus tugas blok Jotang, Uu Rajaullah menyebutkan, ada 29 anggota relawan yang ada di Jotang. Jumlah tersebut dibagi 3 kelompok, karena pintu masuk Jotang juga ada tiga.

“Untuk memenuhi kebutuhan pokok warga Jotang dengan jumlah 360 kepala keluarga (KK) para relawan siap membantu dengan semampunya, dengan cara daring atau mengantarkan pesan dengan cara berjalan kaki dari pemukiman warga Jotang menuju pos relawan yang harus di tempuh dengan jarak 224 meter,” ujarnya.

Seorang warga Jotang, Endin Saparudin mengakui kesulitannya bukan karena adanya pemberlakukan karantina mandiri.
“Tapi sejak dari dulu kesulitan di kami itu masalah air, sampai sekarang saya harap pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten memperhatikan kesulitan warga Jotang. Dengan susahnya air warga kami harus mengambil air dengan menempuh jarak 1 Km, ditambah lagi harus mengambil air ke wilayah desa di lain,” ucapnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here