JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Satuan Sabhara dan Polsek Jatiwangi Polres Majalengka berinovasi dengan menciptakan sepeda motor pemadam kebakaran. Sepeda motor ini diciptakan untuk membantu memadamkan api kebakaran di wilayah Majalengka yang sulit yang diakses mobil pemamadam kebakaran.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan, sejumlah wilayah majalengka rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau. Lokasi tersebut beberapa diantaranya sulit dilalui mobil damkar. Maka untuk menanganinya harus ada cara untuk bisa lebih cepat memadamkan api, dengan cara memodifikasi dan merancang sendiri motor dinasnya menjadi alat pemadam kabakaran dengan dibantu tenaga ahli (tukang las).

Salah satunya sebagai mesin penyedot air untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan.
Bismo menuturkan, sepeda motor pemadam kebakaran tersebut bisa mengangkut air sebanyak 40 liter yang lumayan berat.

“Selain dapat menampung air, tersedia juga peralatan pendukung lainnya seperti selang air, jerigen, pompa air dan peralatan lainya, sehingga praktis ketika diperlukan untuk memadamkan lahan yang medannya cukup sulit,” ujarnya.

Dikatakan, ada dua jenis kendaran motor yang dimodifikasi menjadi kendaraan pemadam kebakaran, yaitu motor Babinkamtimbas dan motor Trail Sabahara.

“Untuk satu unit kendaran bisa mengahbiskan biaya Rp 3 juta dan Rp 4 juta untuk modifikasi, kendaran Babinkamtimbas bisa juga digunakan untuk penyemportan disinpekatan anti sepktik dan karhutla,” ucapnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here