JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Untuk mencegah dan menanggulangi musibah kebakaran yang bisa terjadi kapan saja di wilayah kabupaten majalengka,Polres Majalengka bersama pemerintah kabupaten Majalengka Gelar apel kesiapan personil serta peralatan penanggulangan kebakaran di Mapolres Majalengka.

Selain Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso,kegiatan apel tersebut turut di hadiri wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Dandim 0617 Letkol Inf Harry subarkah serta dari unsur Forkopimda serta forkopimcam Majalengka.Apel ini digelar dalam rangka kesiap siagaan personel khususnya dipolres Majalengka,yang berada diwilayah hukum Polda Jawa Barat.Dimana semua elemen masyarakat diwilayah pemerintahan kabupaten Majalengka melalui Polres Majalengka,agar bisa melakukan pencegahan dan penanganan karhutla di beberapa wilayah Majalengka yang rentan terjadinya kebakaran karhutla .

Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso mengatakan,bahwa ini sebagai bentuk keseriusan Polres Majalengka dalam menangani masalah karhutla atau kebakaran hutan dan lahan di wilayah Majalengka,serta sudah menyiagakan 1000 personel gabungan dan di tempatkan di tiga titik yaitu,Kecamatan Sindangwangi, Kecamatan Rajagaluh dan Kecamatan Argapura , termasuk beberapa peralatan pendukung yang sudah di siapakan,diantaranya tiga tong air (toren), ransel penyemprot air Fortable ,HT atau alat komunikasi lapangan dan alat pendukung lainya untuk dilapangan.

Dari segi Peralatan dalam menghadapi karhutla tahun ini, Polres Majalengka sudah melakukan pengecekan Sarana dan prasarana untuk penanganan karhutla. Dengan begitu diharapkan semuanya dapat lebih maksimal dalam penanganannya saat di lapangan nanti,”Jelasnya.

Seluruh stake holder terkait dan masyarakat harus berperan aktip dalam mensosialisasikan musibah karhutla ini kepada masyarakat,untuk tidak melakukan pembukaan lahan dihutan,baik di sengaja atau tidak disengaja ,”ungkap kapolres saat d wawancara jurnal Suma usai apel, Senin (06/07/2020)

Sementara itu Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Maridiana yang turut hadir dalam apel juga ikut mensuport kegiatan ini. Tarsono berharap dengan digelarnya apel kesiap siagaan pasukan dan peralatan penanggulangan kebakaran yang digagas polres majalengka,bisa meminimalisir permasalahan karhutla diwilayah kabupaten Majalengka.

“Harus lebih siaga dan tanggap dalam penanganan permasalahan karhutla ini,dan nantinya akan dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat didaerah daerah munculnya titik api dan rawannya kebakaran hutan,”tutupnya.

(Editor Naskah : Kewoy)

(Editor Video : Ubay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here