JURNALSUMA.COM.,MAJALENGKA – Sebanyak 25 orang tenaga kesehatan dan beberapa orang wartawan menjalani rapid tes di Puskesmas Waringin Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka, Selasa (16/6/2020).
Kepala UPTD Puskesmas Waringin, Mulyana Alamsyah menuturkan tenaga medis yang menjalani rapid tes kebanyakan merupakan bidan desa.

“Rapid tes untuk bidan desa ini sebagai screening awal untuk melihat antibodi para bidan desa yang ada d lingkungan Puskesmas Waringin,” katanya.

Menurutnya, bidan desa sebagai penanggung jawab di desa, dilibatkan pula sebagai Pemantau PPAT (Pelaku Perjalan Area Terjangkit).
“Karena resiko (terpapar Covid-19) sangat besar, maka dilakukan rapid test di lingkungan kami. Begitu pula bidan desa, sebagai infomasi masyarakat yang datang dari luar kota datang yang datang ke wilayahnya,” ucapnya.

Dikatakan, jika ada bidan yang hasil paid tesnya reaktif maka diinstruksikan menjalani isolasi mandiri, kemudian ditindaklanjuti dengan swab tes.

Salah seorang bidan desa, Herlina mengapreasi rapid tes yang dilakukan pihak puskesmas. Kata Herlina, rapid tes merupakan salah satu upaya memutus mata rantai Covid-19.
“Sangat penting mengetahui apakah bidan dalam keadaan sehat atau tidak, agar bisa bekerja dengan tenang, dan melayani masyarakat dengan baik.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Ubay/Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here