JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Kabupaten Sumedang akan menerapkan New normal dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, seperti objek wisata Kampung Karuhun di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan mempersiapkan protokol kesehatan. Sejumlah fasilitas untuk mencegah penyebaran Covid-19 disediakan, dari mulai dari thermal gun, tempat cuci tangan, masker, hingga tempat isolasi sementara.

Menurut Owner Kampung Karuhun, Nana Mulyana mengatakan, dengan diberlakukannya new normal, Kampung Karuhun akan dijadikan tempat wisata kesehatan.
“Menjelang new normal, kami membuat program yang namanya Wisata Sehat Kampung Karuhun. Yang mana semua pengunjung akan kami berlakukan sesuai standar pencegahan Covid, mulai dari penggunaan masker, jaga jarak, cuci tangan, kemudian penyemprotan disinfektan,” kata Nana, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, kata Nana, pihaknya juga menyiapkan makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh. Ia mengatakan, makanan yang disajikan nantinya akan dibungkus plastik agar higienis.
“Semua karyawan juga dilengkapi APD (alat pelindung diri), termasuk yang bertugas di dapur,” ujarnya.

Dikatakan, dengan perubahan dari wisata konvensional ke wisata sehat diharapkan bisa mencegah tempat wisata menjadi tempat penyebaran virus korona. Selain itu juga bisa menjadi daya tarik wisatawan di masa pandemi. 

“Untuk pengunjung juga akan kami batasi 50 persen kapasitas. Di sini kapasitas 4000 pengunjung, dengan adanya healthy tourism nanti kami batasi 2000 orang per hari,” ujarnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here