JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Bantuan sosial yang bersumber dari Kementerian Sosial untuk warga Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang Jawa Barat telah disalurkan Rabu (20/5/2020). Penyaluran bantuan dilakukan di Aula Kantor Desa Sukajaya oleh petugas Kantor Pos Sumedang.

Kepala Desa Sukajaya, Nenden Dewi Raspati mengatakan penyaluran bansos dilakukan di aula desa untuk memudahkan warganya, daripada harus mendatangi Kantor Pos.

Kata Nenden, warga penerima bantuan ini adalah warga yang masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), yang sudah melalui proses verifikasi dan validasi. Jumlah bantuan sebesar Rp 600 ribu/KK, dan diberikan sebanyak 3 tahap.

“Ini bantuan dari Kemensos Tahap ke-I. Dari data awal 156 penerima, setelah diverifikasi menjadi 128. Karena yang 28 ada yang sudah dapat bantuan, dan ada yang sudah meninggal,” kata Nenden.

Dikatakan Nenden, guna mencegah bansos tidak tepat sasaran, pihaknya melakukan kroscek data yang masuk. Sehingga tidak ada warga yang menerima bantuan lebih dari sekali.

Kata Nenden, bantuan yang sudah turun ke warga Desa Sukajaya adalah Bansos Provinsi (DTKS) dengan penerima 26 KK, BLT Kabupaten (non DTKS) 73 penerima, dan bantuan Pemprov dari Sapa Warga (non DTKS) untuk 281 KK.
“Untuk yang dari Sapa Warga sebetulnya ada 690 penerima, namun yang turun baru untuk 281 KK,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Nenden, tinggal BLT (bantuan langsung tunai) yang bersumber dari Dana Desa yang belum disalurkan di Sukajaya. 

Ia berharap dengan adanya BLT Dana Desa semua warga terdampak Covid-19 terbantu.

“Kalaupun ada yang belum terdaftar akan kami masukan di BLT Dana Desa. Dengan catatan warga tersebut benar-benar miskin karena terdampak Covid-19, atau punya penyakit kronis. Karena itu acuannya untuk diajukan di BLT Dana Desa,” tuturnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here