JURNALSUMA.COM.,SUMEDANG – Seorang warga Sumedang yang berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) kembali meninggal dunia.
Kali ini, Tati Karniati (44) warga Dusun Darmawangi RT 01 RW 04 Desa Darmawangi Kecamatan Tomo.
Tati dinyatakan meninggal dunia di RS Sari Asih Karawaci, Tangerang, Minggu (17/5/). Jenazah Tati langsung dimakamkan di Darmawangi atas permintaan keluarga.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri dalam keterangannya menyebutkan, Tati merupakan PDPdiagnosa bronkhopneumoni, hasil rapid tes Tati reaktif.

“Terhadap Almarhumah sudah dilakukan SWAB Test, namun hingga hari ini belum ada hasilnya, apakah Positif atau Negatif Covid-19,” ujar

Dengan demikian, kata Iwa, maka sesuai dengan SOP sudah memenuhi syarat untuk dilakukan pemakaman dan pemulasaraan sesuai dengan protokol Covid-19.

“Seyogyanya, jenazah dimakamkan di lokasi yang bersangkutan meninggal dunia. Namun, atas permintaan keluarga almarhumah untuk dimakamkan di Sumedang. Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Gugus Tugas memutuskan untuk membantu pemakaman di Sumedang,” jelasnya.

Dikatakan, jenazah di berangkatkan dari Tangerang sekitar jam 23.30 WIB (17/05/2020) dan sampai di Sumedang Senin (18/5/2020) sekitar pukul 01.30 dini hari.
Iwa menjelaskan, pemakaman dilakukan oleh tim dari RSUD Sumedang. Dihadiri pula Kepala Desa Darmawangi, Kepala Puskesmas Tomo, Kapolsek dan Koramil serta pihak keluarga dan masyarakat.

“Almarhumah telah dikebumikan dini hari dan selesai sekitar pukul 03.25,” ucapnya.

Iwa menghimbau masyarakat agar tidak ada penolakan jezanah. Mari berdoa agat almarhumah diterima Iman Islamnya, di terima amal sholehnya, diampuni dosanya serta Husnul Khotimah.
“Dan Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Semoga diberi hidayah dari Allah SWT,” harapnya.

Sementara itu, Camat Tomo Asep A Junaedi menjelaskan seluruh pemeriksaan terhadap almarhumah, baik rapid test maupun swab test dilakukan di Tangerang. Pihaknya hanya menerima jenazah almarhumah untuk dikebumikan.

“Alhamdulillah, seluruh pemakaman berjalan lancar. Warga pun menerima pemakaman jenazah almarhumah,” jelasnya.

(Editor Naskah : Gunz)

(Editor Video : Aang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here