JURNALSUMA – Pemuda Karang Taruna bersama warga Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, berinovasi membuat wahana permainan river tubing mini. Wahana ini diberi nama Tubing Cisolokan.

Wahana ini berada di pinggir jalan kabupaten, di tengah pemukiman warga, tepatnya di Dusun Babakan Caringin. Tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, wahana ini disukai juga oleh kalangan remaja.

“Kebetulan lokasinya ada di gerbang pertama wilayah desa kami, dengan memanfaatkan air irigasi. Sumber airnya dari mata air Cikandung,” kata Kepala Desa Cipanas, Mohamad Asep Latipan, Rabu (15/4/2020)

Wahan ini meiliki lebar saluran 5 meter, dengan panjang 50 meter, dan kedalaman 50 centimeter.
“Sudah dua bulan ini kami manfaatkan. Ini aman untuk anak, karena tidak ada batu-batu besar,” ucapnya.

Agar lebih menarik, tembok di sekitar irigasi pun dicat warna warni, dan diberi hiasan seperti lampu topi caping yang sudah dicat.
Ide pembuatan Cisiolokan berawal dari masukan warga. Menurutnya, anak-anak sangat antusias bermain di Cisolokan. Wahana tersebut selalu ramai sejak pagi sampai sore, apalagi hari libur.

“Tujuannya untuk hiburan anak-anak mudah-mudahan bisa meminimalisir anak-anak agar tidak kecanduan bermain gawai alias gadget,” katanya

Adapun biaya pembuatan Wahana Cisolokan bersumber dari swadaya masyarakat.
“Untuk pengelolaannya oleh karang taruna. Kita hanya menyewakan ban dengan harga, Rp 2.000 per jam,” katanya.

(Editor : Gunz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here